Sabtu, 19 September 2009

Minal Aidzin Walfaidzin..1430 H


Momen lebaran??? Banyak yg mengidentikan momen ini sebagai momen pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga, momen merayakan sebuah kemenangan setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa, momen penyucian jiwa dan hati yg baru u/ mendekatkan diri kepada Tuhan dan juga pendefinisian yang lain tergantung bagaimana tiap individu mendeskripsikan dan melihatnya dari sudut pandang yang berbeda-beda. Kali ini saya akan melihat dari sudut pandang saya, saya sebagai individu nonmuslim.
Okeh.,terserah gimana pandangan orang, khususnya yang menganggap saya sebagai nonmuslim tidak pantas membicarakan mengenai makna lebaran ini…saya tahu pasti ada orang yg akan berpendapat seperti itu ketika membaca tulisan ini. Walaupun saya terlahir sebagai nonmuslim saya sangat appreciate sekali terhadap Islam dan tentunya agama yang lain. Saya lahir dan tumbuh berkembang dalam sebuah keluarga besar yang bisa dibilang sangat menghargai mengenai perbedaan khususnya dalam masalah yang cukup sensitif diIndonesia ini. Momen mudik, silahturahmi ke saudara-saudara yg merayakan dan nyekar kemakam kakek ketika lebaran pernah saya alami bersamaan dengan momen natal ditahun yg sama. Bagi saya hal itu tidaklah menjadi sebuah masalah besar ataupun tabu.
Ikut berbuka dan beramal bersama anak yatim dibulan ramadhan, ikut berpuasa (walopun cuma puasa bedug, hehe), mengingatkan teman u/ sholat, mengucapkan salam minal-minul ketika lebaran, dan kegiatan2 (yg cukup Islami) lain pernah saya lakukan. Hal-hal ini saya lakukan karena benar-benar sangat menghargai mereka. Saya bukan orang yang musyrik sama agama saya sendiri. Tapi satu hal yang saya yakini yaitu bahwa semua agama itu baik, tidak ada agama yang lebih baik ataupun yang lebih jelek than the others, kita semua menyembah Tuhan yang sama. Gak ada istilahnya Tuhan membenci agama tertentu. He never create a religion views!!!,..Tuhan g pernah nyiptain agama, manusia sendirilah yang memberikan batasan-batasan itu sehingga tercipta apa yg kita kenal sekarang sebagai agama. Terserah orang lain mau berpendapat apa baik itu kepada orang2 yang terlalu strict dengan agamanya sehingga menganggap agama lain kafir atau lain sebagainya…Sori kalo tulisan saya ini sedikit menyinggung mengenai masalah yg sangat sensitif ini tapi yang pasti saya benar-benar sangat appreciate dengan semua saudara-saudara saya…Yah semuanya tanpa terkecuali…dan dimomen lebaran ini saya pengen ngucapin Minal Aidzin Walfaidzin Mohon Maap lahir dan Batin….
Let’s spread loveNo Feud...No war...Peace only...Unity in Diversity!!!

4 komentar:

  1. Aku menganut Bhinneka Tunggal Ika, Bro!
    Mohon maaf lahir batin juga ya, Bro!

    BalasHapus
  2. Ok Bhinneka Tunggal Ika...Mari tegakkan Pancasila!!! Viva Indonesia!!!!

    BalasHapus
  3. Asal jangan menganut ajaran eden aja bro.... hahaha.

    http://brightbrennan.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. sama2 ndo..
    meski km sering nggudoi ak
    KDRT ma ak
    ak memaafkanmu...............

    http://widya-aulia.blogspot.com

    BalasHapus